Tak Bisa Dilakukan Sendiri Saja

PKK Lumajang Ajak Semua Pokja Bersama Turunkan Angka Stunting

lumajangsatu.com
Internalisasi Pengasuhan Balita dalam rangka Percepatan Penurunan Stunting Kepada Masyarakat (KERABAT)

Lumajang - Upaya penurunan angka stunting di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur tidak bisa dilakukan secara terpisah, namun harus melibatkan kerja sama antar-Pokja Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) sebagai satu kesatuan.

Hal tersebut disampaikan oleh Pj. Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Lumajang Rahayu Agus Triyono, dalam sebuah diskusinya di acara Internalisasi Pengasuhan Balita dalam rangka Percepatan Penurunan Stunting Kepada Masyarakat (KERABAT), bertempat di Graha Nagara Bhakti Kantor Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Lumajang, Kamis (16/5/2024).

Baca juga: ARSENGO Harumkan Nama Desa Karangbendo Lumajang

Rahayu juga menyampaikan, bahwa PKK memiliki peran penting dalam pencegahan stunting, terutama dalam mendampingi calon pengantin atau calon pasangan usia subur (PUS), ibu hamil, ibu pasca-persalinan, dan baduta usia 0-24 bulan.

"Setiap Pokja PKK memiliki tanggung jawab yang spesifik dalam upaya pencegahan stunting, mulai dari pendampingan hingga pemanfaatan lahan untuk tanaman sayur dan buah," ujar Rahayu Agus Triyono sebagai narasumber diskusi.

Selain memenuhi tugas utama, masing-masing Pokja PKK juga gencar melakukan inovasi untuk mendukung penurunan kasus stunting di wilayah. Beberapa inovasi yang telah dilakukan antara lain adalah Inovasi Cegah Pernikahan Anak (CEPAK) dari Pokja 1, Gerakan Pembangunan Pendidikan Kesetaraan Desa (Gempita Desa) dari Pokja 2.

Baca juga: Indah Wahyuni Apresiasi Bazarku Bunga Telangku SMPN 4 Lumajang

Kemudian, Inovasi Pawon Urip (Pemanfaatan Lahan Sekitar Rumah untuk Tanam Sayur dan Buah) dari Pokja 3, dan Gerakan Sigap Stunting, Ibu, dan Baduta Terdampingi (GESSIT) dari Pokja 4.

Dalam kesempatan itu, Rahayu juga menekankan pentingnya sinergi antar-Pokja PKK dalam melaksanakan program-program tersebut.

"Kerja sama antar-Pokja PKK sangat penting untuk memastikan bahwa semua aspek terkait pencegahan stunting tercover dengan baik," katanya.

Baca juga: Jalur Penghubung Tempursari-Pasirian Lumajang Putus

Dalam diskusi tersebut, juga diungkapkan bahwa penurunan angka stunting bukanlah tugas yang mudah dan memerlukan komitmen serta kolaborasi dari seluruh pemangku kepentingan.

Diharapkan dengan adanya koordinasi yang baik antar-Pokja PKK, Kabupaten Lumajang dapat mengatasi masalah stunting secara lebih efektif dan menyeluruh, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.(Kom/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru