Baru Pelaku Jaringan Paling Bawah

Polisi Baru Tetapkan 4 Tersangka Kasus Ladang Ganja di Hutan TNBTS Lumajang

lumajangsatu.com
Proses pemusnahan ladang ganja di kawasan hutan TNBTS Desa Argosari-Lumajang

Lumajang - Polres Lumajang masih baru menetapkan 4 orang tersangka dalam ungkap kasus ladang ganja di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Desa Argosari Kecamatan Senduro. Empat orang yang diringkus adalah i Bambang, Ngatoyo, Tomo, dan Tono warga Argosari.

Empat tersangka yang diringkus diduga sebagai jaringan paling bawah yakni pelaku yang menanam saja. Dimana, dari pengakuan salah satu pelaku, dalam satu kilogram ganja kering, para pelaku diberi upah 3 juta rupiah. Sedangkan otak penanam ganja yang disebut-sebut bernama Edi masih buron.

Baca juga: Pronojiwo Lumajang Banyak Spot Foto Jalan Eksotik Berbackground Semeru

Tim gabungan Polres Lumajang juga kembali menemukan ladang ganja di Dusun Pusung Duwur, Desa Argosari, Kecamatan Senduro. Dalam operasi kali ini, petugas berhasil menemukan lima titik lahan yang ditanami ganja dengan total keseluruhan mencapai 1.500 batang. 

Wakapolres Lumajang, Kompol I Komang Yuwandi Sastra, S.H., S.I.K., mengungkapkan bahwa pihaknya masih terus melakukan penelusuran terhadap kemungkinan adanya lahan ganja lainnya di sekitar lokasi.

Baca juga: Ini 4 Rekomendasi Wisata Alam Bikin Tenang Hati di Candipuro Lumajang

"Hari ini kita kembali menemukan lima titik lahan ganja. Totalnya ada sekitar 1.500 batang yang kita amankan. Kita masih terus melakukan penelusuran untuk memastikan tidak ada lagi lahan ganja yang luput dari pengamatan," ujar Kompol Yuwandi Rabu, (02/10).

Pihaknya menjelaskan bahwa medan yang sangat terjal dengan kemiringan mencapai 50 derajat menjadi kendala utama dalam operasi ini. Selain itu, hujan yang turun pada malam sebelumnya juga membuat kondisi tanah menjadi licin dan membahayakan petugas. Hingga kini, polisi telah berhasil mengamankan 41.152 batang pohon ganja dan 10 kilogram ganja kering.

Baca juga: Pemerintah Lumajang Banyak Dianugerahi Banyak Penghargaan Tahun 2024

"Medan yang sangat ekstrem dan kondisi cuaca yang tidak mendukung menjadi tantangan tersendiri bagi petugas. Namun, demi memberantas peredaran narkoba, kita tetap akan terus melakukan upaya maksimal," pungkasnya.(Yd/ind/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru