Health

Biar Nggak Stres, Haruskah Puasa Medsos Jelang Pemilu?

lumajangsatu.com
Kalau kamu jenuh dengan perdebatan pilpres,sebaiknya puasa media sosial dulu.

Lumajang (Lumajangsatu.com)- Duh, masih bingung nih pilih pasangan calon (paslon) presiden nomor urut 01 atau 02. Ditambah buzzer-buzzer dari masing-masing paslon gencar sekali berkampanye di media sosial (medsos). Bukannya tahu mau pilih yang mana, malah bingung tak ada ujung.

Kondisi seperti ini kerap sekali membuat kita sedikit stres. Haruskah puasa medsos sampai tanggal 17 April, saat Pemilu 2019 dilaksanakan?

Baca juga: HSN 2024 di Stadion Semeru, Santri dan Warga NU Lumajang Harus Kompak Merengkuh Masa Depan

Menurut pakar kesehatan jiwa sekaligus staf pengajar Departemen Psikiatri FK UKRIDA, dr Andri, SpKJ, FACLP, boleh saja puasa medsos apabila tidak sanggup dengan ramainya isu pilpres hingga perdebatan di medsos.Kalau mau puasa sebenarnya silahkan saja bagi yang tidak sanggup, karena begitu ramainya dan banyaknya orang-orang yang berkaitan dengan masalah pilpres sehingga dia bingung sendiri," jelasnya

Baca juga: Pemerintah Ajak Warga Lumajang Bisa Kelola Sampah Mandiri

"Mungkin orang seperti ini perlu dipuasakan karena sering kali mengingatkan kita pada hal-hal yang tidak nyaman, saling hujat, saling cela, bagi sebagian orang akhirnya jenuh," lanjut dr Andri.

Baca juga: Paslon Thoriq-Fika dan Indah-Yudha Adu Gagasan di Debat Perdana KPU Lumajang

Meskipun tidak sampai membuat seseorang mengalami masalah kejiwaan, puasa medsos bisa membuat tenang dari isu pilpres yang tidak jarang menimbulkan perdebatan karena adanya perbedaan pilihan.(Ind/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru