Content: / /

Dam Groundsill Gambiran Lumajang Jebol, Ini Dampaknya

Peristiwa

05 Agustus 2021
Dam Groundsill Gambiran Lumajang Jebol, Ini Dampaknya

Kondisi dam groundsill Gambiran yang jebol akibat debit air besar

Lumajang - Dam groundsill atau dam sabuk untuk pengaman bendungan Gambiran jebol. Hujan deras mengakibatkan debit air naik, sehingga bagian tengah dam groundsill jebol.

"Saya cek tadi memang jebol mas," ujar Joko Sambang Kabid Kedaruratan, Rehabilitasi, dan Rekontruksi (KRR) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang, Kamis (05/08/2021).

Jika debit air terus membesar, maka kondisi dam akan semakin parah. Sidemintasi yang terbentuk akan habis terbawa air ke hilir. Sedangkan bendungan Gambiran sudah lama jebol akibat diterjang banjir besar beberapa bula lalu.

BPBD sudah melakukan komunikasi dengan unit teknis dari Provinsi untuk melihat seberpa berat kerusakannya. Nantinya akan dilakukan kajian untuk langkah penanganan jangka panjang dan penanganan daruratnya.

Sementara itu, Taufiq salah seorang warga Gambiran menyatakan dengan jebolnya dam itu, maka sumur-sumur milik warga akan semakin kering. Pasalnya, dengan jebolnya bendungan Gambiran beberapa bulan lalu, sudah mengakibatkan sumur warga mengering.

"Sumur warga akan semakin mengering mas, karena air langsung mengalir ke hilir," pungkasnya.(Yd/red)

loading...

Tinggalkan Komentar

Facebook

Twitter

Redaksi