Pengepul Buah dan Cabe

Usia Masih Muda, Kakak Beradik Sukses Jalani Bisnis Jadi Pengepul Buah dan Cabe Hingga Ke Luar Pulau Jawa

lumajangsatu.com
Cindra Mega dan Alfan Pembisnis Muda Sukses di Lumajang.

Tempeh (Lumajangsatu.com) - Cindra Mega (20) dan Alfan Afrizal (17), saat ini sama-sama fokus untuk menjalani usaha yakni menjadi pengepul buah dan cabe. Keduanya memang mahir dalam berusaha, karena kedua orang tuanya yang juga seorang pembisnis.

Usaha ini cukup unik untuk dilakoni oleh kedua saudara kandung itu, berawal dari menanam buah dari hasil sawahnya lalu dikirim ke Surabaya.  Lalu berinisiatif untuk menjadi pengepul buah dan cabe lantaran hasilnya cukup menggiurkan sebagai pengepul.

Baca juga: HSN 2024 di Stadion Semeru, Santri dan Warga NU Lumajang Harus Kompak Merengkuh Masa Depan

"Sebenarnya semua bisnis udah pernah kita coba, kita cari peluang aja. Kalo musim cabe ya kita jalan cabe begitupun sebaliknya" ujar Perempuan blasteran china dan Jawa itu.

Sejumlah penggiat startup teknologi mulai ramai merambah usaha untuk membantu meningkatkan taraf hidup petani. Berbagai inovasi coba ditawarkan mulai dengan memanfaatkan teknologi agar hasil pertanian jadi lebih baik hingga memperpendek jalur distribusi antara petani dengan konsumen akhir dengan e-commerce.

Baca juga: Pemerintah Ajak Warga Lumajang Bisa Kelola Sampah Mandiri

Secara keseluruhan, kelemahan layanan yang ditawarkan adalah di sisi pengiriman. Pengiriman dari petani ke konsumen tak bisa dilakukan dengan segera.

Pengiriman baru bisa dilakukan dalam rentang dua hari hingga empat belas hari. Apalagi buah dan cabe ini dikirim ke luar pulau.

Baca juga: Paslon Thoriq-Fika dan Indah-Yudha Adu Gagasan di Debat Perdana KPU Lumajang

"Kami mengirim buah dan cabe ke Kupang-Kalimantan, sekali kirim omsetnya puluhan juta" ujar Alfan asal Desa Tempeh.(Ind/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru