Content: / /

Desa Pasrujambe Lumajang Raih Penghargaan Tingkat Nasional

Politik Dan Pemerintahan

01 Desember 2023
Desa Pasrujambe Lumajang Raih Penghargaan Tingkat Nasional

Malam Penghargaan Kampanye Sadar Wisata 5.0 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI

Lumajang - Sebuah prestasi membanggakan diterima oleh Desa Pasrujambe Kecamatan Pasrujambe Kabupaten Lumajang. Desa Pasrujambe meraih penghargaan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia sebagai Desa Wisata Terbaik 2 kategori Inovasi Produk dan Pemasaran.

Penghargaan tersebut diberikan secara langsung oleh Menteri Parekraf RI, Sandiaga Salahudin Uno pada Malam Penghargaan Kampanye Sadar Wisata 5.0 dilaksanakan di Ciputra Artpreneur, Jakarta, Minggu (26/11/2023).

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lumajang, Yuli Harismawati mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang telah diberikan Kemenparekraf RI kepada Desa Pasrujambe. Menurutnya penghargaan yang diperoleh merupakan sebuah apresiasi terhadap Desa Desa yang mampu bergerak dan berubah menjadi Desa Wisata.

"Desa Wisata Pasrujambe Terbaik 2 kategori Inovasi Produk dan Pemasaran dari 65 desa di 6 DPP. Penghargaan diberikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno," ujarnya saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya, Kamis (30/11/2023).

Sebelumnya, Desa Pasrujambe telah mendapatkan pendampingan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melalui Program Pembangunan Pariwisata Terintegrasi Berkelanjutan (P3TB) melalui Kampanye Sadar Wisata 5.0. 

Lebih lanjut, dijelaskan Yuli Haris, bahwa kampanye Sadar Wisata 5.0 dilaksanakan di 6 Destinasi Pariwisata Prioritas (DPP) yaitu Danau Toba, Borobudur - Yogyakarta - Prambanan, Mandalika, Labuan Bajo, Bromo-Tengger-Semeru dan Wakatobi.

"Setelah 2 tahun mendapat pendampingan, awal tidak paham memaksimalkan potensi desanya, dengan kesungguhan bangkit, berdaya, bergerak bersama seluruh unsur masyarakat desa, Kades, Perangkat Desa, Tokoh Masyarakat, Pokdarwis, Bumdes dan lembaga desa lainnya. Muncul local champion sebagai penggerak di desa," katanya.

Yuli Haris pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga Desa Pasrujambe dan Pemerintah Desa Pasrujambe yang telah bekerja keras untuk mengambangkan potensi wisata di wilayah Desa Pasrujambe.

"Terima kasih Desa Wisata Pasrujambe. Tetap semangat pak Kades Sugianto Pemdes Pasrujambe, para local champion. Tetap melaju terus memakmurkan desa dengan Desa Wisata," pungkasnya.(Kom/red)

Facebook

Twitter

Redaksi