Curah Hujan Tinggi

Banjir Luapan Sungai Tandak Darungan Lumajang Makin Parah

lumajangsatu.com
Banjir luapan sungai Tandak di Desa Darungan Kecamatan Ranuyoso terus berlanjut

Yosowilangun - Banjir akibat luapan sungai Tandak Desa Darungan Kecamatan Yosowilangun masih berlanjut. Ratusan hektar pertanian dan 30 rumah warga sudah dua hari terendam, karena air tak kunjung surut.

"Karena tadi malam hujan, banjir tak kunjung surut," ujar Nur Hadi Wicaksono, salah seorang warga Darungan, Jum'at (05/02/2021).

Baca juga: 38 Ribu Batang Ganja Diamankan dari 48 Titik di Kawasan TNBTS Lumajang

Komoditas pertanian seperti padi, cabai dan tebu bisa saja gagal panen jika air tak kunjung surut. Jika hujan turun lagi, maka luapan sungai Tandak akan semakin parah. "Kalau sampai 5 hari tak surut, petani bisa gagal panen," jelasnya.

Baca juga: Masuki Masa Kampanye, DPRD Ajak Warga Jaga Kondusifitas Pilkada Lumajang

Banjir dari luapan sungai Tandak terjadi hampir setiap tahun saat musim penghujan. Kondisi sungai yang sempit dan dangkal tidak mampu menampung air hujan. "Sungai Tandak semput dihilir, sehingga saat hujan deras jadi meluap," paparnya.

Baca juga: Warga Sentul Lumajang Siapkan Tandon Besar Hadapi Krisis Air Bersih

Warga berharap ada normalisasi sunagai Tandak, agar warga tidak merasa resah setiap kali turun hujan. "Kita berharap sungai bisa di normalisasi, warga selalu waswas setiap kali musim hujan tiba," pungkasnya.(Yd/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru