Rawan Terjadi Bencana

BPBD Lumajang Segera Bentuk Sekolah Tangguh Bencana

lumajangsatu.com
Indra Wibowo, Kepala Pelaksana BPBD Lumajang didampingi Kapolres dan Dandim 0821

Lumajang - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang akan segera bentuk sekolah tangguh bencana. Saat ini akan diprioritaskan bagi sejumlah wilayah yang rawan bencana seperti di daerah pesisir.

Mitigasi bencana harus diberikan kepada para siswa sekolah, apalagi di sekolah yang dijadikan pilot project yang ketika hujan selalu terkena dampak banjir maupun longsor. Pelatihan ini dilakukan agar ketika terjadi bencana, para siswa dapat mengetahui bagaimana upaya penanggulangan yang dimulai dari proses evakuasi, menolong sampai dengan mengobati siswa lain ketika terjadi bencana.

Baca juga: Kebakaran Hutan di Gunung Pucang Ranggah Lumajang Diduga Angin Kencang

Selain di sekolah, para siswa juga diharapkan mampu tampil di masyarakat karena memiliki dasar tentang mitigasi bencana. Selama ini mitigasi bencana hanya diberikan kepada orang dewasa atau relawan yang dibentuk di setiap kecamatan.

Baca juga: Hujan Turun, Laskar Hijau Mulai Tanam Bambu di Lereng Gunung Lemongan Lumajang

"Ini kami lakukan di wilayah pesisir seperti di Bulu Rejo Kecamatan Tempursari, Insyaallah Rabu besok di Wilayah Pasirian," kata Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang Indra Wibowo, Senin (25/10/2021).

Selain di sekolah, para siswa juga diharapkan mampu tampil di masyarakat karena memiliki dasar tentang mitigasi bencana. Selama ini mitigasi bencana hanya diberikan kepada orang dewasa atau relawan yang dibentuk di setiap Kecamatan.

Baca juga: Masjid Pilar Peradaban Islam

Pendekatan ini sebagai upaya untuk menyiapkan para siswa sejak dini guna mengatasi bencana, karena sebagai salah satu daerah yang rawan bencana sehingga mitigasi perlu ditanamkan sejak dini.(Ind/yd/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru