Berada di Kaki Gunung

BPBD Lumajang : Ada 11 Jenis Potensi Bencana Alam

lumajangsatu.com
Dok. Longsor di kawasan Lumajang selatan piket nol

 

Lumajang - Kabupaten Lumajang yang berada di pinggir Samudra Hindia dan diapit gunung merapi, memiliki 11 jenis bencana. Salah satunya berupa tanah longsor di daerah perbukitan Gucialit, Senduro, Tempursari, Pronojiwo dan lain sebagainya. "Ada 11 potensi bencana di Kabupaten Lumajang,"  jelas Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang Indra Wibowo, Selasa (26/10/2021).

Baca juga: Kebakaran Hutan di Gunung Pucang Ranggah Lumajang Diduga Angin Kencang

Adapun 11 bencana alam tersebut berupa gempa bumi, letusan gunung api, tsunami, tanah longsor, banjir, banjir bandang,kekeringan, kebakaran hutan, anginnputing beliung, gelombang pasang atau badai, abrasi. Sedangkan untuk wilayah yang berpotensi tsunami yaitu di pesisir, pantai Yosowilangun sampai Tempursari dengan jarak 72 Kilo.

Baca juga: Hujan Turun, Laskar Hijau Mulai Tanam Bambu di Lereng Gunung Lemongan Lumajang

Di Lumajang sendiri krisis air bersih maupun kekeringan saat ini melanda di 7 Kecamatan. Pada tahun sebelumnya hanya ada 6 kecamatan, namun ada tambahan di wilayah Kota berada di dua Desa yaitu Boreng dan Blukon.

"Hal tersebut lantaran dam gambiran jebol dan berdampak di dua desa tersebut," terangnya.

Baca juga: Masjid Pilar Peradaban Islam

Meskipun demikian pihaknya berharap diakhir tahun 2021 tidak ada bencana alam di Kabupaten Lumajang. Warga juga dihimbau selalu waspada dan bersip menghadapi bencana yang sewaktu-waktu bisa datanag.(Ind/yd/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru