Masuk Musim Kemarau, 26 Desa di Lumajang Terancam Krisis Air Bersih

lumajangsatu.com

Baca juga: RSUD Pasirian Lumajang Resmi Miliki Logo Baru

Lumajang(lumajangsatu.com)- Memasuki musim kemarau yang diperkirakan dimulai pada bulan September, Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang, mulai melakukan rapat koordinasi dengan 6 Kecamatan yang rawan dengan bencana Kekeringan. Antara lain, Kecamtan Padang, Gucialit, Kedungjajang, Klakah, Ranuyoso dan Randuagung.

"Kita mulai melakukan rapat koordinasi dengan kecamatan, untuk mendata desa mana saja yang rawan kekeringan saat musim kemarau," Ungkap Rochani, kepala BPBD Lumajang, Sabtu (31/08/2013).

Setelah didata, akhirnya ditemukan 26 Desa yang tersebar di 6 kecamatan yang harus mendapatkan droping air bersih saat masuk musim kemarau. Saat ini, BPBD juga terus melakukan droping pada sejumlah desa yang juga memebutuhkan air bersih.

"Saat ini masih dilakukan droping air bersih memakai mobil tanki yang bergantian setiap desanya," Terangnya.

Bantuan Tandon air bersih dari BPBD provinsi jawa Timur dan BNPB, baru berjumlah 26 saja. Sehingga, Tandon yang dipasang hanya ditempatkan dititik yang bisa dijangkau dengan mobil tanki, sehingga bisa didroping air bersih. Padahal, titik yang seharusnya diberi Tandon air berjumlah 63.

"Titik yang belum diberi tandong kita beri bantuan drigen air," Pungkasnya.(Yd/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru