Sekolah Tinggi Ekonomi WIGA Lumajang

Mahasiswa Manca Negara Ikuti Summer Camp STIE Widya Gama Lumajang

lumajangsatu.com
STIE Widya Gama Lumajang menggelar Join International Summer Camp dihadiri mahasiswa dari berbagai propinsi di Indonesia dan manca negara

Lumajang(lumajangsatu.com) - Gawe Join International Summer Camp STIE Widya Gama Lumajang bareng Universitas Panca Sakti – Tegal dipastikan  dihadiri peserta dari manca negara. Salah satunya kampus di negara Thailand  sudah  mengirimkan pesertanya untuk menghadiri event ini.

Selain dari luar negeri, tercatat peserta dari luar pulau Jawa tepatnya dari STKIP Singkawang, Kalimantan  juga  hadiri. Summer Camp  dikemas dengan berbagai kegiatan, yaitu  National Conference dengan tema “Tranformation of Accounting & Bisnis in Era Revolution Industry 4.0” dan  “Call For  Paper”.  Berbarengan event ini,  STIE Widya Gama Lumajang menjadi tuan rumah dua event akbar Jawa Timur yang  melibatkan mahasiswa.

Baca juga: HSN 2024 di Stadion Semeru, Santri dan Warga NU Lumajang Harus Kompak Merengkuh Masa Depan

Masing-masing Temu  Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)  PTS dan Pra Muskerwil (Musyawarah Kerja Wilayah) FL2M (Forum Lembaga Legislatif Mahasiswa) se-Jawa Timur. Acara berlangsung  mulai Jumat- Minggu (05 –07  Juli 2019).

Ketua STIE Widya Gama Lumajang Ratna Wijayanti Daniar Paramita, SE.MM  melalui Ketua Panitia Summer Camp, M Hudi Setypbakti, SE.MM mengatakan, event ini bertujuan mengeksplorasi minat dan bakat peserta. “Selain itu  sebagai upaya untuk  mengembangkan jaringan kemitraan antar PT dan lintas pelaku,” kata Hudi, penggilan akrabnya.

Lebih lanjut event ini  menjadi ajang promosi yang efektif bagi kampus penyelenggara khususnya STIE Widya Gama Lumajang. “Utamanya sebagai peningkatan kualitas dan daya saing baik ditingkat nasional dan internasional,” tambahnya.

Seraya  menambahkan peserta Join International  Summer Camp  berasal dari PTN/PTS Jawa Timur dan Jawa Tengah  termasuk  dari pulau Kalimantan. M. Hudi Setyobakti memgungkapkan, Summer Camp  ini juga dihadiri  peserta dari manca Negara.

“Mahasiswa mancanegara yang saat ini  kuliah di  Thailand  juga memastikan hadir,” tegasnya serius.

Mereka akan mengikuti rangkaian acara di kampus STIE Widya Gama Lumajang  yang  diikuti oleh 100 kampus ini. Sejumlah acara memang digelar, yaitu  wisata malam, wisata ke berbagai obyek wisata di kawasan Lumajang dan sajian kesenian budaya lokal.

Baca juga: Pemerintah Ajak Warga Lumajang Bisa Kelola Sampah Mandiri

Sebagai rangkaian acara, National Conference dengan tema “Tranformation of Accounting & Bisnis in Era Revolution Industry 4.0”  di Auditorium Semeru Kampus  menghadirkan nara sumber Nico Irawan, SS, MPd (International College of Rajamangala University of Technology Krungthep – Thailand), DR Meithiana Indrasari, ST.MM  ( Wakil Rektor 4 Universitas Dr Soetomo) dan Dr Emil Elestianto Dardak, MSc  dijadwalkan menjadi Key Note Speaker.  Untuk Call For Paper sendiri,  akan memaparkan hasil penelitian  dari mahasiswa berbagai kampus. Ada sekitar 100 artikel yang terdaftar dan siap untuk dipaparkan.

Berbarengan Join International Summer Camp,  STIE Widya Gama Lumajang menjadi tuan rumah  dua event akbar Jawa Timur yang  melibatkan mahasiswa. Masing-masing ‘Temu  Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)  PTS dan Pra Muskerwil (Musyawarah Kerja Wilayah) FL2M (Forum Lembaga Legislatif Mahasiswa) se-Jawa Timur.

M. Riski Rama Duta, Koordinator Regional V Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) PTS Jawa Timur mengatakan kegiatan temu BEM PTS Jatim dilaksanakan untuk menjalin silaturahmi antar BEM PTS yang ada di Jawa Timur. “Ada berbagai agenda yang akan dibahas,” kata M Riski Rama Duta.

Regional V BEM  PTS sendiri meliputi wilayah Kabupaten / Kota Pasuruan dan Probolinggo  serta Lumajang. Salah satu agendanya adalah konsolidasi dalam isu isu terkini yang ada di Jawa timur dari berbagai aspek. “Mulai dari isu di perguruan tinggi hingga di masyarakat umum,” tambahnya.

Baca juga: Paslon Thoriq-Fika dan Indah-Yudha Adu Gagasan di Debat Perdana KPU Lumajang

Sementara itu, Rafni Setiawan anggota FL2M dari delegasi STIE Widya Gama  Lumajang mengatakan Musyawarah Kerja Wilayah FL2M (Forum Lembaga Legislatif Mahasiswa) Jawa Timur tahun 2019 merupakan tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya.

Lebih lanjut  peserta student exchange di Thailand  mengungkapkan  dalam Muskerwil ini  bakal  tercatat beberapa agenda.“Salah satunya adalah  menyusun program kerja kepengurusan  FL2M Jawa Timur untuk satu tahun  ke depan,” paparnya.

Program  yang tersusun nantinya,  diharapkan mampu terimplementasi dengan baik. “Sehingga keberadaan FL2M di Jawa Timur khususnya  bertambah eksis,’’ imbuhnya penuh harap. Termasuk  mampu menjadikan FL2M  di Jawa Timur menjadi barometer  di Indonesia.(Red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru