Dapat Sambutan Antusias

KKN UBI dan STIB Banyuwangi Latih PKK Sidorejo Lumajang Buat Spray Anti Nyamuk Berbahan Serai

lumajangsatu.com
Pelatihan Spray anti nyamuk berbahan dasar Serai di Desa Sidorejo Kec. Rowokangkung

Lumajang - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Sekolah Tinggi Islam Blambangan (STIB) dan Universitas Bakti Indonesia (UBI) Banyuwangi menggelar pelatihan pembuatan spray anti nyamuk dari Serai. Dengan menggandeng PKK, pelatihan digelar di Balai Desa Sidorejo Kecamatan Rowokangkung Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Kegiatan tersebut digelar untuk meningkatkan pengetahuan warga Desa Sidorejo dengan potensi lokal agar bisa digunakan menjadi barang-barang jadi yang lebih memiliki nilai ekonomis. Selama ini, Serai hanya dikenal sebagai bumbu dapur saja, akan tetapi, Serai ternyata bisa menjadi bahan spray yang bisa mengusir nyamuk. Dimana, di Lumajang masih banyak masyarakat yang terjangkit demam berdarah akibat gigitan nyamuk.

Baca juga: Paripurna Perdana, Ini Nama Ketua dan Wakil Ketua DPRD Lumajang

“Serai mungkin kita kenal hanya bumbu dapur saja, tetapi kita ingin ajak masyarakat mengetahui manfaat lain Serai dengan kegiatan pelatihan pembuatan spray,” jelas Siti Rahmawati, salah seorang mahasiswi KKN di Sidorejo, Minggu (15/09/2024).

Dengan pelatihan yang digelar oleh mahasiswa, diharapkan warga Desa Sidorejo terutama ibu-ibu yang tergabung dalam PKK, bisa memanfaatkan tanaman Serai lebih berguna lagi. Ilmu yang diperoleh juga diharapkan bisa ditularkan kepada warga lain. Syukur-syukur hasil produknya bisa dikembangkan dan dijual dan bisa menjadi pengungkit ekonomi masyarakat sekitar.

Baca juga: Kendalikan Harga, Ini Jadwal Pasar Murah di Lumajang

“Semoga bisa lebih bermanfaat dan kita berharap bisa terus dikembangkan syukur-syukur ada produk yang bisa dijual,” paparnya.

Heru Subiantoro, Kepala Desa Sidorejo mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa KKN STIB dan UBI Banyuwangi yang telah menggelar beberapa kegiatan pelatihan. Disamping pelatihan pembuatan spray dari bahan Serai, juga ada pelatihan pembuatan keripik dan selai pisang. Dimana, bahan-bahan tersebut mudah didapat di Desa Sidorejo Kecamatan Rowokangkung. 

Baca juga: Warga Lumajang Diajak Tak Beli Rokok Ilegal

“Kami sangat mengapresiasi atas kegiatan tersebut, kami melihat ibu-ibu PKK sangat antusias. Semoga hasil pelatihan bisa terus dikembangkan dan bisa menghasilkan produk yang bisa menjadi pengungkit ekonomi warga sekitar,” pungkasnya.(Yd/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru