Tambang Pasir Lumajang

Sepanjang Hari, Warga Jarit Selalu Dapat Hadiah Bleduk Semeru

lumajangsatu.com
Warga melntas dijalanan yang rusak dan berdebu akibat tambang pasir Semeru

Lumajang (lumajangsatu.com) - Jalan rusak dan berdebu mulai mengganggu warga Desa Jarit dan Jugosari Kecamatan Candipuro. Pasalnya, saat pagi hingga sore hari, lalulalang ratusan angkutan tambang pasir membuat jalanan berdebu dan sangat membahayakan kesehatan.

Alfan Habibi, salah seorang warga Jarit mengaku sudah tidak tahu lagi harus mengadu kepada siapa. Kondisi jalanan yang sempit, dilalui oleh dam truck pasir mengakibatkan terganggunya lalulintas jalan desa.
jalan berdebu
"Berdebu sekali mas, pasti sangat menggangu dan akan berdampak pada kesehatan warga. Terutama mereka yang memiliki rumah pas dipinggir jalan," jelas Alfan, Selasa (18/09/2018).

BACA JUGAIbu-ibu Kota Lumajang Bangga Polisi Bongkar Pabrik Miras Illegal

Baca juga: HSN 2024 di Stadion Semeru, Santri dan Warga NU Lumajang Harus Kompak Merengkuh Masa Depan

Warga biasanya menyebut debu berterbangan dengan Bleduk Semeru atau debu yang berasal dari gunung Semeru. Sebab, pasir yang ditambang dan mengakibatkan jalanan berdebu berasal dari lahar dingin gunung Semeru.

Saat pagi hari, jika angkutan tambang pasir tetap beroperasi maka anak-anak yang berangkat ke sekolah akan terganggu. Bahkan, warga sempat melakukan blokade karena angkutan tambang tidak memberikan kesempatan saat pagi hari bagi anak sekolah berangkat ke sekolahnya.

"Kita merasa tidak merdeka mas, karena jalanan penuh sesak dengan angkutan tambang dan jalanan rusak serta berdebu. Entahlah kita akan mengadu kepada siapa lagi," pungkasnya.(Yd/red)

Baca juga: Paslon Thoriq-Fika dan Indah-Yudha Adu Gagasan di Debat Perdana KPU Lumajang

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru