Kesenian Lumajang

Festival Jharan Kencak Hipnotis Masyarakat Lumajang

lumajangsatu.com
Atraksi Kuda berdiri di Festival Jharan Kencak Hari Jadi Lumajang ke-763

Lumajang (lumajangsayu.com) - Atraksi Festival Jharan Kencak sukses hipnotis masyarakat yang memadati Gelora Wirabhakti Lumajang dalam rangka Hari Jadi Lumajan ke-763. Atraksi ini disaksikan oleh ribuan warga, antusias tinggi masyarakat membuat akses menuju lokasi mengalami kemacetan.

"Aksi-aksi kuda disini luar biasa, sangat artistik dan menghibur. Meski terlihat berbahaya bagi orang awam seperti saya," ujar siti zulaikha warga  Senduro, Minggu (02/12/2018).

Baca juga: Diskominfo Ajak Warga Selektif Terima Informasi Jelang Pilkada Lumajang 2024

Untuk mengurai kertegangan, aksi kuda kencak ditutup dengan ngidung. Sikap hormat ditunjukkan kuda dengan melipat kaki kedepan, kuda kemudian berbaring  diikuti sang pawang.

Baca juga: DPRD Lumajang Siap Support Peningkatan Kapasitas dan Profesionalitas Wartawan

"Daya tarik event ini sangat luar biasa, jharan kencak layak dipasarkan hingga go international," harap penonton cantik itu.

Aksi kuda-kuda itu mengikuti irama tetabuhan berupa gong, kenong, ketipung, dan sronen (sejenis terompet) yang dimainkan tujuh hingga sembilan orang yang berjalan di belakangnya. Festival Jharan Kencak melibatkan 150 kuda, 30 kuda kencak dan 120 kuda manten.(Ind/red)

Baca juga: Penataan Kawasan Pura Mandhara Giri Semeru Agung Bisa Tingkatkan Ekonomi Warga Sekitar

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru