Lumajang Sering Gempa

Inilah Desa-desa di Pesisir Selatan Lumajang Rawan Terdampak Stunami

lumajangsatu.com
Wawan Hadi Kabid Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Lumajang.

Lumajang - Kabupaten Lumajang dalam sebulan terakhir sering dilanda gempa baik di daratan dan laut selatan. Hal ini sesuai dengan prediksi dari tim peneliti Intitut Teknologi Bogor (ITB) dan bisa bisa menyebakan Tsunami dengan melanda sejumlah desa pesisir selatan kaki Gunung Semeru.

Data di BPBD Lumajang, Selasa (13/10/2020), Desa rawan Tsunami di Lumajang yaitu daerah pesisir pantai selatan mulai Desa Wotgalih Kecamatan Yosowilangun. Di Kecamatan Kunir Desa Jati Mulyo, di Kecamatan Pasirian Desa Dampar, Selok Awar-awar, Bades, Selok Anyar, Bagu dan di Kecamatan Tempursari ada Desa Buluk Rejo, Tegal Rejo.

Baca juga: RSUD Pasirian Lumajang Resmi Miliki Logo Baru

Selain sudah terpasangnya alat pendeteksi, dan terbentuknya Destana Wawan juga berpesan kepada masyarakat agar selalu waspada atas segala peringatan bencana.

Baca juga: TNI Aktif Dampingi Petani Pronojiwo Lumajang Jelang Musim Tanam

"Kalau ada gempa lebih dari 20 detik meskipun tidak ada arahan harus lari. Karena kita hanya punya waktu 20 menit. Dan setelah harus cari ketinggian 20 meter itu rumusnya,"ujar Wawan Hadi Kabid Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Lumajang, saat ditemui Lumajangsatu.com.

Baca juga: KPU Segera Tetapkan Paslon Bupati dan Wabup Pilkada Lumajang 2024

BPBD Lumajang juga telah memiliki alat Warning Receiver System New Generasi (WRS Newgen). Alat ini diklaim bisa mendeteksi  informasi kebencanaan secara cepat. Sehingga dapat memberikan informasi peringatan dini gempa bumi. (Oky/ls/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru