Deteksi Dini Jadi Kuncinya

Sambut Generasi Emas 2045 Anak Lumajang Harus Terbebas Stunting

lumajangsatu.com
Talk show tentang pentingnya deteksi dini stunting anak Lumajang

Lumajang - Dalam upaya mewujudkan generasi emas pada tahun 2045, deteksi dini dan pencegahan stunting menjadi langkah krusial yang harus segera dilakukan. Hal tersebut diungkapkan oleh, Kepala Bidang P2KBKS di Dinas Kesehatan P2KB Kabupaten Lumajang Rina Dwi Astuti dalam acara Talkshow program Jelajah Informasi dan Berita (Jelita), di LPPL Radio Suara Lumajang, Selasa (9/7/2024).

Rina juga mengungkapkan, bahwa angka kasus stunting di Kabupaten Lumajang masih tergolong tinggi. Oleh karena itu, ia menekankan pentingnya tindakan pencegahan yang tepat dan cepat untuk memastikan pertumbuhan dan perkembangan anak berjalan optimal.

Baca juga: Hari ke 3 Pencarian Tanaman Ganja di TNBTS Lumajang Hasilkan 25.000

"Pencegahan stunting harus dimulai sejak dini agar generasi emas yang kita cita-citakan pada tahun 2045 dapat terwujud," ungkap dia.

Ia juga menjelaskan bahwa deteksi dini dapat dilakukan melalui berbagai langkah, seperti mencegah pernikahan dini, memberikan asupan gizi yang cukup kepada anak-anak, dan memantau kesehatan mereka secara rutin.

Baca juga: KPU Lumajang Umumkan 2 Cabup Cawabup di Pilkada 2024

"Dengan deteksi dini dan pencegahan yang tepat, kita dapat memastikan anak-anak kita tumbuh sehat dan cerdas, sehingga mampu berkontribusi dalam pembangunan bangsa di masa depan," jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Rina juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk berperan aktif dalam upaya pencegahan stunting ini. Sinergi antara pemerintah, masyarakat, dan dunia pendidikan sangat diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut.

Baca juga: RSUD Pasirian Lumajang Resmi Miliki Logo Baru

Dengan komitmen dan kerja sama yang kuat, Kabupaten Lumajang optimis dapat menekan angka stunting dan mewujudkan generasi emas pada tahun 2045.(Kom/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru