Warga Rowokangkung Mengeluh, Sungai Kali Banter Tebar Aroma Bau Busuk Limbah PG Jatiroto

lumajangsatu.com

Lumajang (lumajangsatu.com) - Warga Rowokangkung khususnya yang berada disekitar aliran sungai Kali Banter terganggu dengan bau busuk dan menyengat. Bau tersebut ditimbulkan dari limbah pabrik PG Jatiroto yang dibuang kesungai Kali Banter.

"Bau busuk dari limbah PG Jatiroto mas, baunya sangat menyengat dan mengganggu warga yang berada didekat sungai Kali Banter," ujar Suprapto salah seorang warga Rowokangkung, Jum'at (10/07/2015).

Baca juga: Warga Lumajang Diajak Kenali Gejala dan Pengobatan Penyakit TBC

Sungai Kali Banter memang satu-satunya tempat pembuangan limbah dari PG Jatiroto. Warga berharap perusahaan milik negera itu menyediakan pengolahan limbah yang baik, sehingga ketika dibuang ke sungai tidak lagi menimbulkan bau yang menyengat.

Baca juga: Wisuda Sekolah Orang Tua Hebat-SOTH, Upaya Lumajang Bebas Stunting

"Kita berharap PG Jatiroto membuat pengolahan limbah yang bagus, sehingga ketika limbahnya akan dibuang ke sungai tidak lagi menimbulkan bau busuk," paparnya.

Bau yang ditimbulkan dari limbah PG Jatiroto itu sangat menyengat dan ketika dihirup agak lama bisa membuat efek seperti orang pusing. "Baunya busuk, menyengat dan bikin orang pusing-pusing," pungkasnya.

Baca juga: Warga Rowokangkung Lumajang Diajak Kenali dan Cegah Penyakit TBC

Sementara itu, Ribowo Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang menyatakan akan melakukan koordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH). "Ini bidangnya DLH, namun kita akan koordinasikan agar tidak menimbulkan bencana sosial dan bencana lingkungan," papar pria brewok itu.(Yd/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru