Dari Tahun ke Tahun Meningkat

Lumajang Urutan ke 2 se-Jatim Penderita HIV/AIDS Setelah Surabaya

lumajangsatu.com
dr. Bayu Wibowo, Kepala Dinas Kesehatan Lumajang

Lumajang - Angka penderita HIV/AIDS yang tercatat oleh Dinas Kesehatan Lumajang dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Bahkan, dari data Dinkes Lumajang menempati urutan kedua se-Jatim setelah Surabaya angka penderita ODHA yang tercatat dan dilaporkan.

BACA JUGA :

Baca juga: Inilah Profil 5 Panelis Debat Kandidiat Bupati/Wakil Bupati Lumajang 2024

dr. Bayu Wibowo, Kadinkes Lumajang menayatakan penderita HIV/AIDS yang tercatat tahun 2015 sebanyak 199 penderita, 2016 sebanyak 128 penderita, 2017 sebanyak 444 penderita, 2018 sebanyak 380 penderita, dan tahun 2019 sebanyak 774 penderita. "Cenderung mengalami tren kenaikan setiap tahunnya mas," jelas Bayu kepada Lumajangsatu.com, Jum'at (10/01/2020).

Baca juga: KPU Akan Gelar Debat Kandidat Paslon Bupati/Wakil Bupati Lumajang 2024

Dari sekian penderita ODHA rata-rata didominasi kaum adam dengan usia produktif 25-40 tahun. Dinkes melalau Puskesmas terus melakukan sosialisasi tentang bahaya HIV/AIDS dan cara penularannya serta pencegahannya.

Dinkes juga aktif memeriksa ibu hamil, takutnya menderita HIV/AIDS. Jika ada ibu hamil menderita HIV/AIDS dan dikethui sejak dini, maka anaknya masih berpeluang tinggi untuk diselamatkan dan tidak akan ketularan HIV/AIDS.

Baca juga: Polres Lumajang Gelar Apel Pasukan Operasi Zebra 2024

"Jika bisa terdeteksi sejak dini, ibu hamil penderita ODHA bayinya masih bisa diselamatkan agar tidak ketularan," pungkasnya.(Yd/red)

Editor : Redaksi

Politik dan Pemerintahan
Berita Populer
Berita Terbaru